Customer service (CS) merupakan bagian perusahaan yang sangat berperan dalam menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan. Wajar kiranya sebuah perusahaan menginginkan setiap bagian perusahaan memiliki kemampuan customer service yang baik. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah mengikutkan mereka dalam seminar yang menghadirkan motivator untuk customer service. Apa saja manfaatnya?

  1. Menjiwai Konsep Customer Service yang Baik

Senyum, ramah, sopan merupakan salah satu hal utama yang harus dimiliki dalam proses customer Service. Namun tidak hanya itu, karena pada dasarnya CS merupakan jembatan antara perusahaan dengan pelanggannya. Juga merupakan ujung tombak dalam mendapatkan kepuasan pelanggan, sehingga pelanggan dapat terus memakai produk perusahaan.

Pelaku CS yang tidak mengetahui apa pentingnya CS bagi perusahaan dan pelanggan terkadang sering salah menempatkan diri. Terkadang mengutamakan nama baik tetapi tidak melayani pelanggan, atau melayani pelanggan tetapi tidak menjaga nama baik perusahaan. Semacam ini tidak baik bagi pelaksanaan CS.

Saat ini dalam meningkatkan nilai perusahaan kami dapat menghadirkan Motivator untuk Customer Service. Melalui seminar motivasi khusus CS akan memberikan cara padang kepada pelaku CS agar tepat dalam menempatkan diri saat berhadapan degan pelanggan. Sehingga mereka benar-benar handal mendapatkan kepuasan pelanggan dengan tetap meningkatkan nama baik perusahaan.

  1. Meningkatkan Kemampuan Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Salah satu kunci proses CS adalah mampu menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Pelanggan adalah manusia yang memiliki kebutuhan, keinginan, pikiran dan emosi. Bila keempat hal itu dalam diri pelanggan terpahami maka proses CS dapat dijalankan secara tepat. Sehingga kemampuan membaca hal itu akan sangat membantu CS yang baik.

Seminar bersama motivator Customer Service akan memberikan ilmu dan inspirasi bagi para pelaku customer service bagaimana membaca hal itu. Dari sana akan dikembangkan bagaimana teknik-teknik menjalin hubungan dengan pelanggan. Dengan demikian para pelaku CS di perusahaan akan meningkat performanya.

  1. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Persuasif

Kunci proses CS yang baik berikutnya adalah komunikasi persuasif. Pada dasarnya CS merupakan aktifitas pemasaran yang harusnya dapat memberikan daya tarik perusahaan terhadap pelanggan. Hal ini yang terkadang terlewat oleh para pelaku CS.

Orientasi kepada pelanggan memang sangat diperlukan, namun terkadang pelaku CS sering lupa bahwa dibalik orientasi kepuasan pelanggan tersebut harusnya dibangun atas maksud yang lebih besar bagi perusahaan yaitu mempromosikan perusahaan. Dalam konteks ini komunikasi persuasif yang menarik sangat diperlukan.

Motivator untuk customer service akan membantu para pelaku CS di perusahaan bagaimana melakukan komunikasi yang persuasif kepada pelanggan dalam membangun kepuasan dan kesadaran terhadap merk perusahaan. Sehingga proses CS bisa berjalan efektif saling menguntungkan bagi pelanggan maupun perusahaan.

  1. Meningkatkan Kemampuan Menghadapi Komplain

Bagian tersulit dalam proses CS adalah menghadapi komplain. Sebab saat komplain, konsumen seringkali sudah diliputi suasana hati yang negatif. Dalam suasana hati yang negatif banyak kemungkinan respon yang sulit diprediksi. Selain itu mengembalikan emosi negatif konsumen menjadi merasa terpuaskan juga merupakan pekerjaan yang tidak mudah.

Komplain memang seringkali menyakitkan. Namun sebenarnya komplain bisa menjadi sebuah peluang untuk membuat pelanggan itu semakin loyal apabila ditangani dengan tepat. Dalam seminar motivasi customer service akan diajarkan berbagai macam cara mengubah komplain menjadi positif.

Dari keempat manfaat di atas dapat menunjukkan bahwa seorang pelaku customer service di perusahaan sangat perlu untuk memiliki ilmu-ilmu menjadi customer service yang baik. Apabila mencari motivator untuk Customer Service terbaik di perusahaan, Dr. Rizaldi Putra Training & Consulting dapat membantu. Silahkan hubungi kami sekarang juga.