Semua orang bisa menjadi bos, sayangnya hanya beberapa yang mampu menjadi pemimpin. Memangnya beda antara bos dan pemimpin? Tentu saja ada perbedaan mendasar yang tidak banyak disadari oleh Anda. Pernah bekerja dengan orang yang sukanya menyuruh saja? Kurang lebih seperti itu lah bos. Namun seorang leader sikapnya akan berbeda. Untuk lebih memahaminya, Anda harus belajar langsung dari motivator leadership Indonesia terbaik.

Jika diartikan secara harfiah, leadership memang berarti kepemimpinan. Tapi kepemimpinan seperti apa yang selayaknya dijalankan? Ada berbagai macam gaya kepemimpinan di seluruh dunia dan itu perlu Anda pahami. Pengetahuan ini bisa Anda peroleh dari motivator leadership Indonesia melalui training atau seminar. Jika Anda mengikuti pelatihan Dr. Rizaldi Putra, maka bukan hanya ilmu teoritis, tetapi juga ilmu praktis menjadi seorang leader yang baik. Karena seorang leader yang baik harus dilengkapi dengan beberapa hal berikut:

  1. Optimist

Apa jadinya kalau Anda dipimpin oleh seseorang yang pesimis? Tidak yakin dengan keputusannya dan selalu negatif terhadap apa pun yang sedang terjadi. Gambaran seorang leader yang baik harus menjadi pribadi optimis dan selalu positif melihat ke depan. Latih diri Anda setiap harinya untuk yakin akan kesuksesan meskipun harus melewati tantangan. Perlahan tapi pasti mindset Anda pun akan berubah seiring dengan keyakinan yang semakin kuat.

  1. Supportive

Setelah Anda berhasil meyakinkan diri sendiri, Anda harus mampu memotivasi lingkungan. Lingkungan ini tidak selalu bawahan Anda, bisa juga rekan kerja atau bahkan atasan Anda. Ingat, memiliki kemampuan leadership tidak selalu harus menjadi bos. Pribadi yang memiliki leadership dimulai dari memimpin diri sendiri. Disiplin, berkomitmen, penuh tanggung jawab, dan kuat motivasinya. Jika ini semua sudah tertanam, maka dengan mudah menularkan nilai-nilai positif pada sekitar.

  1. Adaptive

Selain mampu memimpin dirinya sendiri serta menjadi sumber energi positif bagi lingkungan, seseorang dengan leadership skill juga mudah bergaul. Menjalin pertemanan bukan lah suatu masalah karena pribadinya open-minded dan supel. Adaptive artinya bisa menempatkan diri sesuai situasi dan kondisi. Pribadi dengan leadership tidak selalu harus menjadi “center of attention”. Karena terkadang seorang pemimpin berada di belakang untuk melihat kesuksesan bawahan atau orang-orang di sekitarnya.

  1. Empathy

Motivator leadership Indonesia tidak hanya mengajarkan Anda bagaimana menjadi seorang pribadi yang penuh optimisme saja. Soft skill lainnya yang perlu Anda latih adalah kepekaan terhadap sekitar. Ini dinamakan kemampuan empati, artinya Anda mampu merasakan apa yang orang lain sedang rasakan. Jika orang lain berduka, Anda bisa turut bersedih. Begitu pun saat orang lain bersuka, Anda mampu merasakan kebahagiaan itu.

Sikap empati mendorong kedekatan Anda sebagai leader dengan sekitar. Kadang saat diri Anda sudah dilabeli sebagai pemimpin, maka ada jarak tercipta dengan orang-orang di lingkungan Anda. Anda bisa menghapus jarak ini dengan sikap empati. Orang-orang akan terus merasa dekat dengan Anda dan ini memudahkan Anda sebagai leader.

  1. Solutive

Pemimpin baik bukan lah orang yang suka menyuruh apalagi menyalahkan. Apabila ada sesuatu terjadi, leader yang baik bisa memberikan solusi. Suatu permasalahan akan dilihat dari berbagai sisi dan dicarikan solusi terbaik untuk semua pihak. Menjadi pribadi yang solutif memang tidak mudah karena harus melatih emosi agar tetap mampu berpikir jernih.

Kesemua skill di atas akan diajarkan oleh Dr. Rizaldi Putra sebagai motivator leadership Indonesia terbaik. Beliau telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan sejumlah perusahaan ternama. Maka tidak perlu diragukan lagi ilmu dan keterampilan yang akan diberikan. Untuk informasi lebih detail terkait teknis di lapangan dan hal-hal lainnya, bisa menghubungi kontak yang tersedia pada website ini.