Gambaran motivator sangat beragam. Sebagai contoh orang tua yang mendampingi, menghibur pada saat jatuh dan membangkitkan motivasi Anda supaya dapat bangkit lagi. Pada saat belajar menaiki sepeda, orang tua akan sangat membantu proses kelancaran menggunakan sepeda sampai dengan mahir menggunakanya.

Tidak berbeda halnya dengan suatu bisnis. Bagi seseorang yang akan memulai menjalankan bisnis, maka perlu motivator bisnis supaya dapat menapaki bisnis yang akan dijalankan. Motivator tentunya adalah seseorang yang sebelumnya bergelut dalam suatu bidang, namun mengalami kegagalan. Hingga akhirnya orang tersebut dapat bangkit kembali menjalankan strateginya.

Maka dari itu, peran motivator dalam menjadi pengusaha sukses sangat penting. Mengapa dapat dikatakan sangat penting? Berikut penjelasanya.

1. Dinamis Merupakan Salah Satu Sifat Bisnis

Perjalanan dalam bisnis tidak selalu mulus terjadi, terkadang suatu bisnis mengalami kesuksesan. Namun terkadang juga bisnis mengalami kejadian yang dapat merugikan. Itulah mengapa bisnis mempunyai sifat yang dinamis. Mempunyai motivator dalam bisnis yang sudah mengalami kejadian tersebut tentunya akan sangat membantu.

Dengan adanya motivator dapat membangkitkan semangat berusaha melalui pengalaman-pengalaman yang sudah dimiliki. Dengan demikian, seorang pengusaha baru akan memiliki tindakan untuk mencegah resiko kerugian maupun mengurangi resiko kerugian.

2. Bisnis yang Berkembang Melalui Kemauan Mengembangkan Diri

Guru yang terbaik adalah suatu pengalaman. Pada saat menekuni bidang bisnis, maka seseorang dapat belajar lewat hal-hal yang terjadi. Seseorang akan terus tumbuh bersamaan dengan jalanya bisnis tersebut. Sebagai  contoh, mengikuti pelatihan mengenai manajemen usaha, teknologi informasi, atau pun mengenai keuangan. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, hal-hal yang akan di dapatkan dapat diterapkan ke dalam bisnis seseorang. Motivator dapat menjadi guru bagi pengusaha pemula melalui pengalaman-pengalaman yang sudah dilalui.

3. Lebih Percaya Diri

Motivator memberikan semangat bagi para pengusaha pemula untuk dapat percaya diri. Percaya diri yang dimaksud adalah percaya diri bahwa bisnis yang akan dijalankan akan berhasil. Binsis yang akan dirintis oleh seseoarang akan mencapai kesuksesanya. Semangat yang diberikan oleh motivator akan sangat berpengaruh pada psikologi seseorang untuk bisa memacu keinganya agar meraih kesuksesan.

4. Efek Berani Mengambil Resiko

Resiko besar maupun resiko kecil tentunya selalu dihindari oleh para pengusaha pemula. Mereka belum mengetahui mengenai resiko dan dampaknya ketika akan melakukan bisnis. Seorang motivator akan memberikan semangat untuk seorang pengusaha pemula dapat mengambil resiko bisnisnya. Tentunya dengan memberikan dampak-dampaknya serta bagaimana solusi yang akan dilakukan jika dampak tersebut terjadi pada bisnisnya.

Dengan adanya resiko yang dialami, seorang pengusaha akan mengerti bagaimana solusi yang akan dilakukan untuk menghindari resiko tersebut terjadi kembali. Sehingga dengan mengambil resiko pada bisnis, seorang pengusaha secara tidak langsung belajar untuk merelakan kerugian yang dialami, namun akan menjadi keuntungan di masa yang akan datang dengan menjadikan kejadian tersebut sebagai pembelajaran.

5. Memberikan Arahan Mengenai Planning

Hal ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seorang pengusaha pemula. Planning atau perencanaan akan menentukan hasil akhir dari sebuah perbuatan. Motivator juga berperan sebagai pengarah rencana bisnis. Mau dibawa kemana arah bisnis yang akan dimulai nya.

Bisnis tersebut membutuhkan modal yang besar atau tidak. Hasil dari bisnis tersebut dapat mengembalikan modal yang sudah dipakai atau belum. Maka dari itu Semuanya tergantung terhadap planning/perencanaan yang disusun sebelum memulai bisnis.

Itulah beberapa peran motivator pengusaha sukses, dan merupakan peran yang paling penting di dalam melakukan bisnis. Sehingga motivator sangat diperlukan apalagi bagi pengusaha yang baru merintis sebuah bisnis.