Pengertian motivasi adalah perubahan energi yang terjadi pada diri seseorang, timbulnya reaksi untuk mencapai suatu tujuan merupakan tanda dari motivasi. Motivasi memiliki peranan penting bagi mahasiswa. Pentingnya motivasi dalam proses pembelajaran mahasiswa salah satunya yaitu dapat mendorong semangat belajar. Sehingga dengan kehadiran motivator dapat membantu meningkatkan prestasi dari mahasiswa. Berikut merupakan peranan motivator untuk mahasiswa :

  1. Mendorong Mahasiswa Untuk Berbuat Atau Bertindak

Seorang motivator mampu mendorong semangat mahasiswa untuk bertindak dalam proses pembelajaran. Mahasiswa dituntut agar bisa mencari materi pembelajaran maupun materi untuk tugas dengan kemandirianya. Untuk itu, secara tidak langsung mahasiswa harus bertindak dalam mencari materi tersebut.

Pencarian materi dapat dilakukan dengan mengunjungi perpustakaan untuk membaca beberapa buku. Selain itu, cara yang paling sering digunakan oleh mahasiswa yaitu dengan melakukan pencarian menggunakan mesin pencari (google).

Motivator akan memberikan arahan bagaimana agar mahasiswa mendapatkan materi-materi tersebut. Selain itu juga memberikan pandangan apabila tugas tersebut tidak dikerjakan, maka mahasiswa akan menerima sanksi dari dosen. Untuk itu peran motivator untuk mahasiswa sangat penting dalam memberikan motivasi untuk bertindak dalam mencari materi agar mahasiswa tidak mendapatkan sanksi apabila tidak mengerjakan.

  1. Mengarahkan Kegiatan Belajar

Tugas seorang mahasiswa adalah belajar demi mewujudkan cita-cita. Dengan belajar, mahasiswa memiliki prestasi yang akan digunakan untuk menggapai cita-cita. Namun, terkadang mahasiswa tidak tahu kegunaan dan akibat dari proses pembelajaran. Sehingga sering kali terjadi hal-hal yang membuat mahasiswa malas belajar bahkan sampai tidak masuk kuliah.

Motivator dapat memberikan pengarahan mengenai kegiatan belajar bagi mahasiswa. Bagaimana proses belajar yang baik, agar mudah ditangkap dan dipahami oleh masing-masing individu. Kegunaan belajar bagi mahasiswa, dan akibat mahasiswa di masa mendatang dengan melakukan proses pembelajaran sejak dini. Hal tersebut merupakan peran motivator dalam mengarahkan kegiatan belajar mahasiswa untuk dapat mencapai cita-citanya.

  1. Menyadarkan Tentang Hubungan Belajar dan Bekerja

Kebanyakan mahasiswa tidak mengerti akan hubungan belajar dengan bekerja. Selain itu sikap masa bodo terhadap belajar sehingga mahasiswa tidak memikirkan bagaimana dunia kerja. Padahal, belajar sangat berkaitan dengan dunia kerja. Dengan belajar, maka mahasiswa memiliki suatu prestasi belajar. Untuk mencari pekerjaan pun, akan lebih diutamakan seseorang yang memiliki prestasi belajar pada waktu orang tersebut menimba ilmu.

Oleh karena itu, seorang motivator menjelaskan mengenai hubungan belajar mahasiswa dengan dunia kerja. Pada era sekarang, mendaftar pekerjaan pun susah apabila prestasi yang dimiliki kurang atau bahkan tidak memenuhi standar IPK untuk melamar pekerjaan. Dengan adanya motivasi dari motivator pada saat masih melakukan proses pembelajaran, maka mahasiswa akan menanamkan prinsip bahwa belajar akan sangat penting peranya untuk beralih ke dunia pekerjaan.

Selain itu, motivator juga memupuk semangat mahasiswa untuk berusaha menjaga kualitas belajar demi mendapatkan prestasi belajar untuk menuju ke peralihan dunia kerja. Itulah pentingnya peranan motivator untuk mahasiswa terutama dalam hal belajar yang berkaitan dengan pekerjaan.

  1. Memberi Semangat Untuk Dapat Mengemukakan Pendapat di Khalayak UmumĀ 

Dalam kegiatan proses belajar seorang mahasiswa, tentunya akan banyak kegiatan yang mengandung unsur diskusi. Baik diskusi dalam kelas, diskusi seminar, maupun diskusi suatu organisasi. Dengan adanya diskusi mendorong mahasiswa untuk aktif berinteraksi dengan mahasiswa lain. Hal itu sangat penting dilakukan agar mahasiswa mempunyai rasa interaksi sosial yang tinggi.

Motivator akan memberikan semangat kepada mahasiswa untuk dapat berinteraksi di lingkungan sosial, terutama lingkungan kampus terlebih dahulu. Dengan berinteraksi dengan banyak orang, mahasiswa akan bertambah pengalamannya karena terjadi obrolan mengenai suatu hal penting. Hal ini sangat penting dilakukan karena pada dasarnya mahasiswa tidak bisa hidup sendiri terlebih dalam hal proses belajar.

Itulah beberapa peranan motivator untuk mahasiswa. Sangat penting bagi mahasiswa memerlukan seorang motivator, sehingga dalam proses belajar dapat terarah. Dengan hal tersebut, mahasiswa akan dapat mencapai cita-citanya.