Anda malu berbicara di depan umum? Rasanya kalau sudah berdiri di hadapan orang banyak lebih baik menghilang daripada berlama-lama di sana. Badan langsung berkeringat, jantung berdegup kencang, bahkan sampai ada yang tiba-tiba pusing. Ini sindrom kalau Anda “demam panggung”. Tenang saja, hal ini bisa diatasi dengan mempelajari ilmu komunikasi. Apalagi kalau Anda belajar langsung dari motivator public speaking Indonesia yang terbaik.

Memang ada banyak motivator public speaking Indonesia di luar sana. Namun metode seminar yang diselenggarakan oleh Dr. Rizaldi Putra sungguh berbeda. Mulai dari desain training yang diberikan, Anda tidak hanya dibekali motivasi saja. Training dilengkapi dengan ilmu praktis lainnya, seperti penjualan yang memang membutuhkan kemampuan komunikasi. Selain ilmu penjualan, rahasia-rahasia di bawah ini adalah yang harus Anda kuasai:

  1. Persuasive

Seorang public speaker harus menarik. Tidak hanya dari segi penampilan, tetapi juga dari gaya berbicaranya. Anda harus mampu memilih kata dan bahasa yang tepat saat berbicara di depan publik. Salah sedikit maka reputasi Anda yang menjadi taruhannya. Selain itu, menariknya seorang public speaker juga dinilai dari seberapa jauh bisa mempengaruhi audience. Semakin banyak audience yang terpengaruh, artinya semakin menarik (persuasive) komunikasinya.

  1. Self-confidence

Percaya diri itu kunci utama untuk menjadi seorang public speaker. Bagaimana bisa mempengaruhi atau setidaknya didengarkan orang kalau tidak yakin dengan diri sendiri. Memang tak mudah melatih kepercayaan diri. Menenangkan jantung yang tiba-tiba berdebar kencang, konsep yang mendadak blank, dan lain sebagainya. Makannya perlu belajar langsung dari motivator public speaking Indonesia yang terbaik.

  1. Convincing

Selain kemampuan mempengaruhi (persuasive), Anda juga harus bisa meyakinkan (convincing) pendengar. Kemampuan ini satu level di atas persuasive. Karena jika Anda berhasil meyakinkan seseorang, artinya Anda mampu membangun kepercayaan pada diri orang tersebut. Mungkin nampaknya sulit,  tapi motivator public speaking Indonesia punya rahasianya supaya Anda bisa dipercaya oleh orang baru bahkan tanpa harus dicurigai terlebih dahulu.

  1. Body Language

Komunikasi tidak selalu mengenai kata-kata atau kegiatan berbicara saja. Ada yang namanya komunikasi non-verbal ditunjukkan melalui body language atau gerak tubuh. Orang yang tidak biasa berbicara di depan publik pasti akan kaku atau malah diam saja. Ini sangat tidak disarankan karena Anda tidak akan terlihat menarik. Bergerak lah secara luwes maka suasana santai akan tercipta. Kalau Anda bingung bagaimana melakukannya, seorang motivator public speaking bisa mengajarinya untuk Anda.

  1. Crowd Management

Namanya saja public speaking, artinya sudah pasti Anda berada di tengah keramaian. Ada banyak orang dari berbagai macam kalangan dan latar belakang. Hati-hati jangan sampai Anda terkecoh oleh penampilan. Tidak selamanya orang yang rapi dan mengenakan sesuatu yang branded pasti orang pandai dan kaya. Begitu pun sebaliknya, kadang orang berpendidikan dan kaya berpenampilan sangat sederhana bahkan lusuh.

Crowd management merupakan kemampuan Anda mengendalikan audiens Anda. Mengandalikan di sini bukan hanya membuat mereka terpengaruh dan sepaham. Tetapi juga Anda bisa mendeteksi siapa lawan bicara Anda di depan publik. Jika Anda memiliki crowd management yang baik, maka di mana pun Anda berbicara akan tercipta suasana yang kondusif.

Ternyata menjadi seorang public speaker tidak mudah, ya? Tenang saja, seluruh skill di atas bisa Anda pelajari dari motivator public speaking Indonesia terbaik, yaitu Dr. Rizaldi Putra. Beliau akan membagi seluruh rahasia untuk menjadi public speaker yang professional. Dapatkan informasi pelatihan dan seminar beliau melalui kontak yang tersedia pada website ini. Training juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan audiens Anda.